Contoh Soal Jurnal Penyesuaian

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian seringkali dijadikan sebagai panduan tepat dalam mengisi catatan pembukuan sebuah perusahaan.

Bagi anda yang ingin langsung menuju pokok bahasan yang ingin dipelajari, berikut ini kami sediakan link menuju paragraf tersebut.

Pasalnya apabila sebuah perusahaan tidak menggunakan jurnal penyesuaian dalam pembukuan yang dimilikinya, maka sistem keuangan yang terdapat di dalamnya pun akan acak-acakan atau tidak teratur.

Oleh karena itu, jurnal yang satu ini menjadi bagian penting yang wajib untuk diperhatikan dan digunakan.

Namun sebelum menerapkan jurnal penyesuaian tersebut ada baiknya apabila anda simak terlebih dahulu penjelasan mengenai jurnal penyesuaian itu sendiri beserta fungsi dan juga beragam penjelasan yang berkaitan dengannya berikut ini : 

Apa Itu Jurnal Penyesuaian?

Jurnal penyesuaian dikenal sebagai jenis jurnal yang digunakan untuk mencatat perubahan dari saldo atas akun tertentu yang kemudian disesuaikan jumlahnya dengan jumlah yang ada sebenarnya di bagian akhir periode perhitungan.

Dengan kata lain, jurnal yang satu ini umumnya dibuat pada akhir periode setelah proses penyusunan dari beragam jenis neraca saldo lainnya dan juga disusun sebelum kertas kerja yaitu worksheet dibuat. 

Secara sederhana, jurnal penyesuaian ini digunakan untuk menuliskan atau mencatat beragam jenis transaksi yang telah dilakukan namun belum dicatat sebelumnya.

Penggunaan jurnal ini juga ditujukan untuk melakukan koreksi agar nilai saldo yang dimilikinya sesuai dengan keadaan atau jumlah saldo yang ada di bagian akhir, baik itu pada perusahaan layanan jasa atau bahkan perusahaan dagang sekali pun.

Yang mana jurnal ini tetap dibuat pada masa akhir periode dari perhitungan akuntansi yang dimilikinya.

Fungsi Dan Tujuan Jurnal Penyesuaian

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, tentunya anda dapat melihat bahwa fungsi utama dari pembuatan jurnal penyesuaian tersebut dilakukan untuk menetapkan saldo pada catatan buku besar di bagian akhir periode.

Selain itu, fungsi lainnya ditujukan untuk menghitung pendapatan juga beban sebenarnya yang termasuk dalam satu periode tersebut. 

Jenis Jenis Akun Yang Membutuhkan Jurnal Penyesuaian 

Setiap perusahaan, baik itu perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan atau bahkan layanan jasa tentunya memiliki beragam jenis akun di dalamnya.

Dari sekian banyak jenis akun tersebut, berikut ini terdapat beberapa akun yang jelas membutuhkan Contoh Soal Jurnal Penyesuaian untuk menghitung jurnal penyesuaian dengan lebih tepat sebagai panduannya.

Berikut diantaranya beberapa jenis akun tersebut :

#1 Akun perlengkapan

Pada akun perlengkapan, jurnal penyesuaian dibutuhkan karena pada bagian tersebut terdapat penggunaan atas perlengkapan.

Sedangkan perlengkapan itu sendiri termasuk dalam bahan atau bahkan barang yang dibeli, guna membantu berjalannya operasional perusahaan itu sendiri.

#2 Akun beban

Meskipun dikenal sebagai beban, akun yang satu ini juga tetap membutuhkan penyesuaian, pasalnya dalam perusahaan juga banyak bentuk beban yang masih atau pun belum diperhitungkan, seperti halnya pembayaran yang saat ini belum menjadi bagian dari beban perusahaan atau bentuk beban yang harus dibayarkan nantinya.

#3 Akun beban yang dibayar di awal / muka

Untuk jenis akun beban yang satu ini tentunya diperlukan penyesuaian yang dilakukan sesuai dengan penggunaannya hingga bagian akhir periode.

Hal ini ditunjukkan dengan perusahaan yang membayar beban dan ditujukan bagi beberapa bentuk periode mendatang. Jenis beban tersebut dikenal sebagai beban yang dibayar di muka.

Karena itulah wajib untuk dilaporkan atau dihitung dalam setiap periode yang berkaitan dengannya.

#4 Akun pendapatan

Akun pendapatan juga dikenal sebagai akun yang membutuhkan jurnal penyesuaian.

Karena dalam sistem perhitungan yang dimilikinya terdapat pendapatan yang mungkin saja belum dihitung atau bentuk penerimaan lainnya yang masih diproses sehingga masih berjalan sebelum menjadi sumber pendapatan, seperti halnya pada piutang pendapatan.

Sementara itu, ada pula pendapatan lain yang juga harus diterima seperti bentuk pendapatan yang telah menjadi hak atas perusahaan tersebut, namun jenis pendapatan tersebut masih belum diterima olehnya.

#5 Akun pendapatan yang diterima di awal / muka

Bentuk pendapatan yang diterima di bagian awal tentunya memerlukan penyesuaian pula. Pasalnya setiap pendapatan tersebut tentunya tidak boleh dituliskan sebagai bentuk pendapatan.

Mengapa demikian? Karena bagian tersebut akan masuk pada catatan atau bagian utang.

Hal tersebut berkaitan dengan bentuk pendapatan tersebut yang masih menjadi hak milik perusahaan lain atau belum menjadi milik perusahaan yang anda miliki.

#6 Akun dari aktiva tetap

Untuk akun dari aktiva tetap, ia juga membutuhkan jurnal penyesuaian dikarenakan terdapatnya bentuk penyusutan yang terjadi di bagian aktiva tetap tersebut.

Aktiva tetap atau dikenal pula dengan sebutan fixed asset yaitu bentuk aktiva yang mana penggunaannya dilakukan dalam lebih dari satu bagian periode akuntansi.

Beberapa jenis contoh dari aktiva tetap, yaitu perhitungan pada bangunan, mesin, kendaraan, dan beragam jenis hal lainnya.

Contoh Soal Kasus Untuk Jurnal Penyesuaian

#1 Akun perlengkapan

TanggalKeteranganRef.DebitKredit
2019Beban Perlengkapan2.000.000
JanuariBeban Perlengkapan2.000.000

Saldo pada akun perlengkapan di neraca adalah Rp,5.000.000. sedangkan pada akhir periode menunjukkan sisa perlengkapan sejumlah Rp.3.000.000, maka perusahaan tersebut pun telah menggunakan perlengkapan sebanyak Rp.2.000.000 (Rp.5.000.000-Rp.3.000.000).

Dengan demikian, pencatatan pun dibuat dengan menambah beban dari perlengkapan serta mengurangi perlengkapan sesuai jumlah Rp.2.000.000.

#2 Akun beban

TanggalKeteranganRef.DebitKredit
2019Biaya Gaji2.500.000
JanuariUtang Gaji2.500.000

Gaji untuk karyawan di bulan Januari 2019 akan dibayarkan pada 11 Januari 2019 dengan jumlah Rp.2.500.000, maka jurnal yang dibuat pada Desember 2018 adalah beban dari gaji pada bagian debit serta kredit dengan jumlah sama yaitu Rp.2.500.000.

#3 Akun beban yang dibayar di awal / muka

TanggalKeteranganRef.DebitKredit
2019Beban Asuransi500.000
JanuariAsuransi Dibayar Dimuka500.000

Saldo pada akun asuransi dari neraca saldo Rp.1.500.000, dan di akhir periode terdapat informasi saldo dengan sisa sejumlah Rp.1.000.000.

Dengan demikian, premi asuransi telah menjadi beban dengan jumlah Rp.500.000 (Rp.1.500.000-Rp.1.000.000).

Dari penjelasan tersebut, jurnal penyesuaian dicatat dengan jumlah Rp.500.000 yang mana nilai tersebut dikenal sebagai bagian dari beban asuransi serta mengurangi bentuk asuransi yang harus dibayar di muka.

#4 Akun pendapatan / Piutang Pendapatan

TanggalKeteranganRef.DebitKredit
2019Piutang Pendapatan500.000
JanuariPendapatan Jasa500.000

Perusahaan menyelesaikan pekerjaan dengan jumlah Rp.500.000 dan jumlah tersebut belum masuk dalam neraca saldo sebanyak Rp.1.500.000.

Dengan demikian, catatan pada jurnal penyesuaian di bagian pendapatan piutang debit serta kredit sebesar Rp.500.000, sehingga piutang pendapatan tersebut akan menjadi Rp.2.000.000.

#5 Akun Pendapatan Yang Diterima Di Awal / Muka

TanggalKeteranganRef.DebitKredit
2019Piutang Diterima Dimuka2.500.000
JanuariPendapatan Jasa2.500.000

Pendapatan yang diterima oleh perusahaan pada bagian awal adalah Rp.5.000.000, sedangkan pada akhir dari periode perusahaan tersebut baru saja mengerjakan sejumlah Rp.2.500.000.

Artinya, masih terdapat Rp.2.500.000 lagi pekerjaan yang menjadi utang pendapatan dari perusahaan.

#6 Akun dari aktiva tetap

KeteranganDebitKredit
Biaya Penyusutan Kendaraan5.000.000
Akumulasi Penyusutan Kendaraan5000.000

Kendaraan dibeli dengan harga Rp.50.000.000 dan umur ekonomis 10 tahun serta tidak memiliki bagian dari nilai residu di bagian akhir umur ekonomisnya. Dari hal tersebut diketahui, bahwa nilai penyusutan dari kendaraan itu tadi setiap tahunnya adalah Rp.5.000.000 (1/10 x Rp.50.000.000).

Dari beberapa Contoh Soal Jurnal Penyesuaian di bagian atas tadi, tentunya anda dapat melihat bagaimana sistem pencatatan pada jurnal penyesuaian dibuat dengan tepat dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *